Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Dan Fungsi Yang Digunakan Dalam Membuat Laporan Keuangan Menggunakan Microsoft Excel

Sumber gambar : jasajasa.com

Dalam program aplikasi akuntansi menggunakan Microsoft Excel ini caranya tidak jauh beda dengan menghitung akuntansi yang dilakukan secara manual. Dalam menghitung akuntansi ini dimulai dari pencatatan transaksi berdasarkan bukti transaksi ke dalam jurnal, kemudian data jurnal diposting ke buku besar. Dari buku besar dipindahkan ke neraca saldo, kemudaian membua neraca lajur, lalu dilakukan penyesuaian berdasarkan data penyesuaian yang ada, setelah itu dari berdasarkan data neraca lajur dibuatlah laporan keuangan. Jika digambarkan secara sederhana siklus akuntansi program aplikasi menggunkan microsft excel adalah sebagai berikut:


Beberapa menu dan fungsi dalam Microsoft excel yang digunakan dalam membuat laporan keuangan ini adalah sebagai berikut:
  1. Menu DATA FORM
    Menu ini digunakan untuk membantu pengguna dalam memasukkan data ke dalam format yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Menu DATA FILTER, ADVANCED FILTER
    Menu ini digunakan untuk melakukan pencarian data beradasarkan criteria yang di ingingkan dari suatu kumpulan data yang tersedia (data query).
  3. Menu COPY PASTE
    Menu ini digunakan untuk menyalin data dari suatu data range ke data range tertentu.
  4. Menu FORMAT CELLS COLOUMN HIDE
    Menu ini digunkan untuk menyembunyikan kolom data yang tidak lagi dibutuhkan dalam tampilan data.
  5. Fungsi SUM
    Untuk menjumlahkan nilai-nilai yang ada pada suatu range data.
  6. Fungsi Logika IF
    Fungsi ini digunakan untuk menentukan suatu keputusan berdasarkan suatu kondisi atau syarat tertentu. Biasanya selalu dikombinasikan dengan beberapa operator seperti operator perhitungan, opereator perbandingan, operator relasi, operator logika.
  7. Fungsi Arimatika
    Fungsi ini digunakan untuk membuat formula yang berkaitan dengan kalkulasi data yang akan diproses.
  8. Fungsi Pembacaan Tabel VLOOKUP
    Fungsi ini digunakan untuk membaca suatu nilai yang ada pada suatu range data tabel yang digunakan. Untuk mengikat atau mengabsolutkan nilai yang ada dalam suatu tabel yang ada digunakan tombol fungsi F4.

Post a Comment for "Menu Dan Fungsi Yang Digunakan Dalam Membuat Laporan Keuangan Menggunakan Microsoft Excel"