Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Sukses Mendidik Anak di Era Digital

Perkembangan teknologi membawa anak ke era digital yang semakin maju dimana semuanya telah terdigitalisasikan. Apalagi ketika pandemi covid kemarin, hampir seluruh anak sekolah melakukan proses pembelajaran secara daring, tentunya perkembangan teknologi ini memberikan banyak manfaat. Contohnya memudahkan penyebaran informasi, menstimulasi otak anak untuk menumbuhkan kekreatifitasan.

Seperti Ini Tips Mendidik Anak yang Tepat di Era Digital

Tapi jika tidak dikontrol, teknologi bisa membawa dampak negatif ke anak-anak juga loh, apalagi di media digital seperti di media sosial dan youtube, tidak semua konten di media sosial dan youtube memberikan dampak yang baik bagi anak, lalu bisa membuat anak kecanduan hingga menjadikan anak kesulitan bergaul dengan dunia nyatanya.

Nah, untuk itu hendaknya selalu memberikan arahan dan edukasi terhadap anaknya dalam memanfaatkan terknologi saat ini. Untuk itu, Simak 7 Tips nya dibawah ini :

1. Membangun komunikasi dengan Anak

Membangun komunikasi merupakan langkah awal yang harus dilakukan orang tua, agar dapat memahami keinginan anak dan memberikan solusi atas permasalahan yang dialami anak.

2. Mengarahkan Anak

Selanjutnya, jika kita sudah berkomunikasi dengan baik, kita dapat mengarahkan anak agar mengakses konten-konten yang baik dan mengedukasi yang sesuai dengan usia anak.

3. Menemani Anak saat Menggunakan Gadget atau Komputer

Walaupun tidak semua orang tua bisa hadir 24 jam menemani anak, tapi cobalah sesering mungkin untuk menemani anak ketika menggunakan media digital agar bisa memantau langsung aktivitas sang anak di media digital.

4. Memberi Batasan Waktu

Tips selanjutnya sebagai orang tua harus memberikan batasan waktu dalam menggunakan media digital, youtube dan game agar sang anak tidak terlalu keasyikan bermain di dunia digital dan membuat anak menjadi kecanduan sehingga membuat sang anak kurang berinteraksi dengan dunia nyata. Kecuali sang anak sedang melakukan pembelajaran online.

5. Membagi Waktu Antara Dunia Digital dengan Dunia nyata

Jika anak sudah kecanduan menggunakan dunia digital itu bisa membuat anak kurang berinteraksi dengan dunia nyata, Maka dari itu orang tua harus menmperkenalkan aktivitas lainnya seperti bersosialisasi, berolahraga dll agar sang anak setiap hari nya bisa membagi waktu antara dunia digital dengan dunia nyata.

6. Jadi Contoh yang Baik

Telah kita ketahui bahwa prilaku anak adalah prilaku orang tua karena orang tua menjadi aktor utama yang akan ditiru oleh sang anak seperti tutur kata dan prilaku.  Anak akan meniru apa yang dia lihat terutama dilingkungan rumah dan sekolah.

Jadilah orang tua yang bijaksana dengan tidak menggunakan gadged atau komputer didepan anak tetapi gunakan waktu untuk berbincang, bermain dan melakukan kegiatan lain dengan anak .

7. Menelusuri dan Memilih Aplikasi untuk Anak

Sesekali orang tau harus mengetahui dan memantau apa saja yang di akses anak di media digital, dan pastikan juga agar anak tidak mengunjungi yang tidak sesuai dengan usianya saat ini.

Teknologi bagaikan pedang yang bermata dua, banyak manfaat dan hal-hal positif yang bisa didapatkan anak, tetapi banyak juga hal-hal negatifnya, bahkan hal-hal yang seharusnya positif bisa disalahgunakan . Oleh sebab itu bimbinglah anak agar menggunakan aplikasi-aplikasi yang positif dan pembelajaran.

Demikianlah 7 Tips Mendidik anak di era Digital ini, intinya adalah orang tua memiliki peran penting dalam mengawasi anak terhadap teknologi di era Digital ini. Semoga bisa memberikan referensi mendidik anak di era Digital ini.

Post a Comment for "7 Tips Sukses Mendidik Anak di Era Digital"