Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Teori Atom Dalton

 Teori Atom Dalton

Pada tahun 1808, John Dalton mengemukakan gagasannya tentang atom sebagai partikel penyusun materi. Gagasannya adalah sebagai berikut :
a.    Atom adalah partikel terkecil yang tak dapat dipecah lagi.
b.    Atom merupakan suatu unsur sama segala sifatnya, sedangkan atom unsur berbeda, berlainan dalam massa dan sifatnya.
c.    Senyawa ini terbentuk bila atom bergabung satu sama lain.
d.    Reaksi  kimia hanya penataulangan atom-atom sehingga atom tidak berubah akibat reaksi kimia.

Model atom Dalton, adalah gagasan materi partikel, bahwa materi terdiri atas butiran-butiran yang sangat kecil, yaitu atom.Model ini telah menghapus pendapat yang mengatakan bahwa pembagian materi bersifat kontinu. Walaupun ternyata bahwa atom terdiri dari partikel-partikel subatom, tetapi atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang mempunyai sifat yang sama dengan unsur itu. Atom adalah unit terkecil dari suatu unsur yang terlibat dalam suatu reaksi.Jika suatu atom diuraikan atas proton, neutron dan elektron, maka tidak ada lagi unsur-unsur yang kita kenal sekarang dan tidak mudah menguraikan suatu atom menjadi partikel-partikel subatomnya.

Gambar 1 menunjukkan model atom Dalton. Model ini disangka sebagai model atom ilmiah yang pertama kali dikemukakan, karena dilandasi fakta temuan eksperimen, yakni hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap.

Sebenarnya gagasan tentang atom sebagai partikel terkecil materi sudah dilontarkan jauh hari sebelum Dalton hidup, misalnya oleh Democritus, seorang filsuf Yunani yang hidup sekitar 400 tahun SM. Tapi  pandangan Democritus tidak dianggap sebagai pandangan ilmiah sebab tidak dilandasi fakta-fakta empiris.

Teori Atom Dalton

Kelebihan Dari Teori Atom Dalton

Dalton adalah salah satu ilmuwan pertama yang melakukan percobaan dan penelitian tentang atom, walaupun sebelumnya ada ilmuwan juga yang bernama Democritus yang menyatakan konsep pemikirannya tentang atom tetapi hasil pemikirannya sama sekali tidak didasari hasil suatu percobaan.


Beberapa teori atom yang dinyatakan John Dalton memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu :

  • Bahwa seperti kenyataannya, ada dua buah atom atau lebih yang berasal dari unsur-unsur yang sama ataupun yang tidak sama tapi dapat membentuk suatu molekul.

    Contoh :    * Untuk unsur-unsur yang sama
                        O2, H2, N2, O3, dll.

                      * Untuk unsur-unsur yang berbeda
                        H2O, H2SO4, HCl, dll.

  • Teori atom yang menyatakan bahwa atom-atom yang memiliki senyawa membentuk molekul mempunyai perbandingan tertentu, sehingga dapat melahirkan hukum kekekalan massa Lavoiser (jumlah massa sebelum dan sesudah reaksi adalah tetap).
  • Memotivasi para ilmuwan lain untuk mengkaji lebih dalam tentang atom, sehingga muncullah teori-teori atom yang lebih lengkap, seperti : teori atom Thomson, teori atom Rutherford, dan teori atom Niels Bohr.
  • Dll.

Meskipun kelebihan dari teori atom Dalton hanyalah sedikit tetapi teori Dalton dianggap sebagai teori penyulut yang dapat memotivasi para ilmuwan untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang atom.

Teori yang belum tarjawab oleh Dalton

Dari teori-teori atom yang dinyatakan oleh John Dalton yaitu selain memiliki kebaikan/kelebihan juga memiliki kekurangan/kelemahan, diantaranya yaitu :

  • Menurut John Dalton, atom merupakan bagian terkecil suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi, sedangkan nyatanya atom masih dapat dibagi lagi menjadi sub-sub atom yang terdiri (proton, neutron, dan elektron) kenyataan inilah yang dapat dibuktikan oleh Thomson melalui percobaannya.
  • Dalam teori John Dalton bahwa belum dapat menjelaskan gagasan tentang inti atom sesuai/seperti yang dinyatakan oleh Rutherford, dari hasil percobaannya dengan menggunakan sumber partikel Alfa.
  • Teori atom John Dalton juga belum bisa menjelaskan tentang adanya tingkat-tingkat energi seperti kulit-kulit didalam atom, lintasan-lintasan stasioner didalam atom, dan pancaran atau penyerapan energi dari masing-masing lintasan didalam atom.
  • Tidak bisa menjelaskan sifat listrik materi (hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik).
  • Tidak bisa menjelaskan cara atom-atom saling berikatan.
  • Model atom Dalton tidak bisa menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur lainnya.
  • Dalam kemajuan zaman dan seiring kemajuan teknologi mungkin jadi lebih banyak pembuktian bahwa teori atom yang dinyatakan John Dalton masih sederhana dan masih banyak kelemahannya. Contoh dari pendapat Dalton yang salah yaitu :

“Atom-atom pada suatu unsur tertentu adalah identik, artinya memiliki massa, ukuran dan sifat-sifat yang sama”, tapi para ilmuwan lain menunjukkan bahwa atom-atom dari unsur yang sama dapat memiliki massa dan ukuran berbeda.

Post a Comment for "Belajar Teori Atom Dalton"