Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Struktur, dan Perkembangan Teori Atom

I. Pengertian Atom

Atom adalah unit terkecil dari suatu unsur kimia yang tidak dapat lagi dibagi menjadi bagian yang lebih kecil dengan mempertahankan sifat-sifat kimianya. Konsep atom telah ada sejak zaman kuno dan dikembangkan oleh berbagai ilmuwan sepanjang sejarah.

II. Struktur Atom

Struktur atom modern dapat dijelaskan sebagai berikut:

Proton: Proton adalah salah satu partikel yang terdapat di inti atom. Proton memiliki muatan positif yang sama besar dengan muatan negatif elektron.

Neutron: Neutron juga terdapat di inti atom, dan ia tidak memiliki muatan, artinya ia netral secara listrik.

Elektron: Elektron berputar mengelilingi inti atom dalam berbagai kulit elektron. Elektron memiliki muatan negatif yang seimbang dengan muatan positif proton.

Keseluruhan atom adalah bermuatan netral, artinya jumlah proton di inti atom sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi inti atom.

Pengertian, Struktur dan Perkembangan Teori Atom

III. Perkembangan Teori Atom

Teori atom telah mengalami perkembangan signifikan sepanjang sejarah. Berikut adalah beberapa tokoh penting dalam perkembangan teori atom:

John Dalton (1805): Dalton mengemukakan teori atom pertama. Menurutnya, atom adalah partikel tak terbagi yang merupakan unit dasar unsur kimia.

J.J. Thomson (1897): Thomson menemukan elektron dan mengemukakan model "kue krim" atom, di mana elektron tersebar di dalam inti atom yang bermuatan positif.

Ernest Rutherford (1911): Rutherford melakukan eksperimen hamburan partikel alfa dan menemukan bahwa atom memiliki inti kecil yang bermuatan positif dengan sebagian besar massa atom.

Niels Bohr (1914): Bohr mengembangkan model atom yang menempatkan elektron dalam orbit terdefinisi di sekitar inti atom.

Perkembangan teori atom memberikan gambaran yang semakin akurat tentang susunan partikel-partikel dalam atom.

referensi : buku makalah atom dan perkembangan struktur atom SMA Negeri 7 Palembang

Post a Comment for "Pengertian, Struktur, dan Perkembangan Teori Atom"